Membuat Windows Anda agar Stabil dan Nyaman



Lambatnya suatu aplikasi windows yang dijalankan oleh komputer/laptop itu merupakan suatu pertanda serius bahwa komputer/laptop ente perlu maintenance (perawatan) supaya normal kembali dan membuat orang gigit jari yang empunyanya. Kegiatan maintenance kadang-kadang yang paling malas dilakukan oleh ente apalagi ada yang acuh tak acuh. Misalnya: Ada yang berpikiran “ngapain aku rawat komputer/laptop khan bosku (ayahnya) orang kaya raya jadi bisa beli baru”, padahal bos dia tidak mengharapkan seperti begitu, ada juga yang berpikiran ” Gak urus, khan bisa dibawa ke toko komputer untuk servis atau ada kawan baik hati yang bisa perbaiki laptop aku”. Sikap-sikap demikianlah yang tak pantas dimiliki oleh ente dalam memelihara harta jadi miliknya sendiri. Cobalah kalian bayangkan, seandainya bos kamu meninggal/jadi miskin mendadak tapi kamu ingin minta tukar yang lebih baru lagi padahal baru beli 6 bulan yang lalu (kecuali kamu punya penghasilan diri sendiri, hhe)..???
Oke, tidak perlu panjang-lebar lagi, ane akan kasih tips-tips bermanfaat supaya komputer/laptop ente tetap stabil & nyaman:
  • Updatelah windows secara rutin itu bisa ditentukan secara satu bulan maupun dua bulan (khusus mempunyai internet) lewat fitur “Windows Update” masing-masing OS (Operating System) Windows (saya pakai Win7) supaya tetap stabil dan nyaman windowsnya.
  • Updatelah Antivirus secara rutin 7 hari sekali supaya mendeteksi virus, malware, trojan yang terbaru. Kalau bisa tambahin antivirus lokal seperti SMADAVARTAV, atau PCMAV supaya mendeteksi virus-virus lokal & fix sistem registry windows secara cepat (fitur cerdas inilah yang tidak dimiliki antivirus asing).
  • Updatelah driver vga (grafik) secara rutin (setiap keluar versi terbarunya) sesuai spesifikasinya, ini memang wajib bagi gamer, pengelolah gambar/video supaya benar-benar smooth dan stabil grafiknya. Dapat didownload lewat official sitenya (ATI, NVIDIA,INTEL)
  • Jangan lupa update driver lainnya seperti audio, chipset, driver card reader, driver LAN, driver WLAN, dll kalau memang tersedia versi terbarunya disitus resminya.
  • Jangan lupa update Directx Redist terbaru.
  • Pakailah fitur “Disk Cleanup” & “Disk Defragmenter” yang bisa dibuka melalui: “Start Menu-Accesories-System Tools” pada windows secara periodik (2 bulan sekali).
  • Gunakanlah aplikasi “FRAPS” untuk kenyamanan FPS (Frame Per Second) selama bermain game standarnya ~ 30-40 fps. Kalau mendapat lebih tinggi dari 40 FPS dan setting grafik sudah super ultra high gunakan fitur V-Sync supaya dilock pada 30 fps sedangkan lebih rendah dari 30 fps turunkanlah setting grafiknya hingga benar-benar mencapai 30 fps. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi kesehatan matamu supaya tidak pusing (matamu adalah anugerah yang paling terindah dibandingkan dengan komputer/laptop ente).
  • Gunakanlah aplikasi Third-Party (pihak ketiga) untuk meningkatkan performa & kenyamanan windows ente selain fitur-fitur standar yang telah tersedia di windows yang disukai. Seperti : Tune-Up Utilities, CCleaner, dll.
  • Hapuslah semua file di folder “C:Windowsprefetch” secara periodik (1 bulan sekali) supaya cepat start-up windowsnya.
  • Biasakan instal aplikasi/game benar-benar dibutuhkan bagi ente supaya tidak mubazir filenya.
Mudah & tidak ribet dari tips-tips penting diatas yang semuanya dari pengalaman ane dalam merawat PC/Laptop supaya benar-benar stabil & nyaman dalam mengoperasikannya dan tidak perlu main format ulang windows. Kuncinya jangan malas-malasan saja merawatnya dan memakainya. icon smile Tips Jitu Membuat Windows Anda agar Stabil dan Nyaman

Posting Komentar untuk "Membuat Windows Anda agar Stabil dan Nyaman"