Penemu Web Terbesar Di Dunia


postingan kali ini sya bahas tentang 5 penemu web terbesar di dunia maya… haaalah gak usah basa-basi kaliiiii langsung aja ini dia para penemunya… :) :)
1. Mark zuckerberg (Penemu Facebook)
Image
Hayooo, siapa di antara pembaca yang tak kenal Facebook? Hm….rasanya sulit menemukan orang yang tak tahu Facebook. Situs jejaring sosial ini kini seolah telah menjadi bagian tak terpisah dari kehidupan kita, khususnya para remaja. Bahkan, anak-anak sekolah dasar pun memiliki Facebook. Lewat Facebook banyak hal yang kita dapat, terutama hal-hal terkait dengan silaturahmi.
Nah, tahukan kawan siapa sih yang menemukan Facebook? Kalau ada yang belum tahu, penemunya adalah Mark Elliot Zuckerberg. Anaknya masih muda banget. Usianya baru 27 tahun (lahir 14 Mei 1984). Mark mendirikan dan mengembangkanFacebook saat masih kuliah dengan bantuan teman di Kampus Harvard bernama Andrew McCollum Eduardo Saverin, serta teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook. Melalui Facebook, Mark menjadi salah orang kaya termuda di dunia. Kekayaan bersihnya mencapai 6,9 miliar dolar AS (2010).
2.Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim (penemu Youtube)
Image
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karimmenemukan YouTube inc. pada 14 February 2005. Jawed Karim meninggalkan perusahaan untuk mengejar level yang lebih tinggi lagi di stanford university.
Sejak terbitnya popularitas YouTube, situs ini mendapat award, “best invention of the year”, (penemuan terbaik tahun ini) oleh majalah Time dan menjadi situs pertama yang mendapatkan award, “entertainer of the year” (penghibur tahun ini) oleh “entertainment weekly”. Chad dan Steve menerima beberapa honor dan pengetahuan dari business and entertainment communities termasuk : business 2.0’s “50 most influential people”, GQ’s “men of the year” and fortune’s “most powerful people in business”. Mereka juga menonjol dimajalah Time “person of the year” isu dan menerima kredit karena pengaruh besar pada publikasi.
Chad Hurley, CEO YouTube, inc.
Chad Hurley adalah salah seorang pendiri perusahaan ini dibulan February 2005. Chad bertanggung jawab untuk membuat YouTube menjadi salah satu website yang sering dikunjungi, menyediakan miliaran video ke seluruh dunia.
Chad bersama pendiri yang lain, CTO, Steve Chen, memimpin YouTube menjadi salah satu proyek yang terkenal. Setahun sejak peluncurannya, google membeli situs ini seharga $1,65 milliar. Visi Chan untuk YouTube adalah mempertahankan proses melihat dan berbagi video dengan mudah untuk semua orang.
3. David Filo dan Jerry Yang (Penemu yahoo)
Image
Yahoo! Bermula dari hobi mahasiswa yang berubah menjadi brand global yang telah merubah cara orang untuk berkomunikasi satu sama lain, mencari dan mendapatkan informasi dan membeli berbagai macam barang.
Dua pendiri dari Yahoo!, David Filo dan Jerry Yang, kandidat doctor bidang teknik elektro di Universitas Stanford, yang memulainya di trailer kampus pada bulan Februari 1994 sebagai jalan untuk tetap dalam ketertarikan pribadi mereka terhadap internet. Jauh sebelum mereka menghabiskan lebih banyak waktu dalam daftar jaringan favorit mereka dibanding dengan desertasi doctor mereka. Bagaimanapun juga daftar Jerry and David menjadi sangat panjang dan mereka mengklasifikasikan dalam bentuk kategori. Ketika kategori semakin panjang, mereka membuatnya menjadi subkategori… dan lahir konsep inti dibalik Yahoo!.
Web site dimulai sebagai “Jerry’s Guide to the World Wide Web” tetapi juga menerima moniker baru dengan bantuan kamus. Nama Yahoo! merupakan akronim untuk “Yet Another Hierarchical Officious Oracle,” tetapi Filo and Yang memilih nama yang mereka pilih karena mereka suka dengan definisi umum dari yahoo: “rude, unsophisticated, uncouth.” Yahoo! Sendiri pertama kali dibuat di workstation mahasiswa Yang, “Akebono,” ketika software dibuat di komputer Filo, “Konishiki” – keduanya nama pemain sumo yang melegenda.
Jerry dan David segera menemukan bahwa mereka tidak sendiri untuk menemukan web site yang sangat berguna. Jauh sebelum ratusan orang yang mengakses panduan mereka dari trailer di Stanford. Dengan dukungan kolega netter membuat usaha yang digulirkan semakin banyak peminat komunitas internet yang terlibat. Yahoo! Merayakan pertama kalinya jutaan klik per harinya pada tahun 1994, yaitu tak kurang dari 100 ribu macam pengunjung yang unik.
4.Jimmy Wales (Penemu Wikipedia)
Image
Jimmy Wales, Founder Wikipedia
Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian
pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya
menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai
“sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia].” Situs tersebut dikutip sebagai sumber
informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya
juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak
sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk
aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag
“nofollow” pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam
mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini
menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia
hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek
yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.
5.Jack Dorsey (Penemu Twitter)
Image
Jack Lahir di St Louis, Missouri, 19 November 1976. Ia sudah menunjukkan minat dalam pengembangan perangkat lunak pada usia 14 tahun.
Setelah kuliah di University of Missouri dan di New York, ia pindah ke California. Pada saat itu, pesan instan benar-benar sedang nge-tren. Orang-orang mulai menggunakan AOL Instant Messenger, layanan yang sangat populer.
Dorsey pun terinspirasi untuk membuat sesuatu yang baru. Ia mendapat ide, bagaimana caranya supaya orang-orang bisa berbagai status dengan semua teman-teman mereka, tanpa harus menulis di blog.
Dorsey terus mengembangkan idenya. Ia yang bekerja untuk sebuah web terus berpikir apakah pesan seperti SMS juga bisa dilakukan melalui internet.
Ide Dorsey ini ternyata disambut baik oleh Evan Williams, seorang eksekutif Google. Evan menyediakan dana untuk mendirikan perusahaan, khusus untuk mewujudkan ide Dorsey itu.
Dan, akhirnya bulan Agustus tahun 2006, Twitter lahir. Twitter seperti blog tapi dalam bentuk mini sehingga mereka menamakannya microblogging .
Twitter memiliki batasan 140 karakter per post – oleh sebab itu dinamakan microblogging. Jika kegiatan menulis yang dilakukan oleh para blogger sekarang sudah memiliki kata kerja sendiri yaitu blogging, demikian juga dengan kegiatan yang dilakukan oleh para pengguna Twitter: tweeting.

Posting Komentar untuk "Penemu Web Terbesar Di Dunia"