Mengenal Fasilitas yang Ada di VB 6


Kata Visual Basic tentunya sudah tidak asing lagi terdengar, terlebih-lebih jika kita seorang mahasiswa yang menekuni bidang teknologi informasi. Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang bermula pada kemunculan bahasa basic. Basic sendiri adalah sebuah bahasa pemrograman yang merupakan awal daribahasa-bahasa tingkat tinggi lainnya.

Basic dirancang pada tahun 1950-an ditujukan untuk dapat digunakan oleh programmer pemula. Tetapi anda tidak perlu ragu-ragu untk tetap mempelajari visual basic walaupun sebelumnya belum pernah mengenal dan mempelajari bahasa basic karena visual basic menyediakan kemudahan-kemudahan bagi seorang pemula. Begitu pula dengan anda yang telah mengenal dan belajar bahasa basic anda telah punya cukup modal untuk memahami sintaks visual basic.

Lingkungan Kerja VB

Untuk mempermudah dalam mempelajari visual basic, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu lingkungan kerja yang ada pada visual basic, ada beberapa yang harus kita pelajari diantaranya sebagai berikut:

- Control Menu
Control Menu merupakan menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela visual basic. Melalui ini kita dapat merubah ukuran, memindahkan atau menutup jendel visual basic. Adapun perintah-perintah yang terdapat pada control menu adalah sebagai berikut:
Restore : Merubah ukuran jendela ke ukuran sebelumnya
Move : Untuk memindahkan letak jendela
Size : Untuk merubah ukuran jendela
Minimize : Untuk meminimalkan ukuran jendela
Maximize : Untuk memaksimalkan ukuran jendela
Close : Untuk menutup jendela

- Menu
Menu visual basic berfungsi sebagai perintah untuk menjalankan tugas tertentu. Anda dapat menggunakan mouse untuk memilih perintah-perintah yang telah tersedia atau menggunakan kombinasi ALT + Keyword. Misalnya File dapat dijalankan dengan menekan tombol ALT+P.

- Toolbar
Toolbar merupakan tombol-tombol yang mewakili semua perintah tertentu, dalam toolbar ini terdapat icon-icon ( perintah gambar ).

- Toolbox
Toolbox berisi icon-icon komponen yang nantinya akan digunakan untuk membangun program aplikasi. Anda dapat memodifikasi toolbox, misalnya menambah icon dengan cara memilih menu Project - Components

- Form
Form berfungsi sebagai media kerja. Melalui form ini kita dapat meletakan berbagai macam object interaktif, misalnya teks, gambar, dan lain-lain.

- Project exksplorer
Project explorer merupakan jendela yang mengandung semua file didalam aplikasi visual basic anda. Setiap aplikasi didalam visual basic disebut dengan istilah project, dan setiap project dapat mengandung lebih dari satu file. Misalnya form, modul dan sebagainya.

- Properties
Properties merupakan jendela yang mengandung semua informasi tentang object yang terdapat pada seluruh komponen aplikasi. Fungsi properties ini sebagai pengatur dan karakteristik dari suatu object misalnya untuk mengubah tinggi object, warna object dan lain-lain.

- Layout Form
Fungsi layout form digunakan untuk menggambarkan posisi form terhadap layar monitor

Posting Komentar untuk "Mengenal Fasilitas yang Ada di VB 6"